07/03/23

DOWNLOAD APLIKASI ABSENSI SIMEGA PURWOREJO

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo resmi merilis aplikasi Absensi berbasis Android yang diberi nama SIMAYA dan SIMEGA. Kedua aplikasi ini mewajibkan seluruh ASN di wilayah Kabupaten Purworejo untuk melakukan absensi kedatangan dan pulang. Berikut ini spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi Simaya atau Simega:
  1. Versi Android
    Agar dapat memasang aplikasi ini dibutuhkan handphone berbasis android 5.0 keatas (Simaya) dan 6.0 keatas untuk Simega.
  2. Memory RAM 2 Gb
    Jika smartphone hanya memiliki RAM 2Gb sebaiknya tutup semua aplikasi yang sedang berjalan sebelum membuka Simaya/ Simega.
  3. GPS Akurasi Tinggi
    Pastikan GPS berfungsi normal dan memili tingkat akurasi tinggi. Bila lokasi susah terdeteksi bisa dicoba untuk mematikan GPS kemudian menghidupkan kembali.
  4. Jaringan Internet
    Koneksi internet yang lancar sangat diperlukan. Sebaiknya gunakan paket data dengan jaringan yang kuat di lokasi teman-teman.
  5. Camera
    Akses camera pada aplikasi Simaya atau Simega belum menggunakan face detector, sehingga teman-teman masih bisa menggunakan kamera belakang untuk swab foto.
  6. Memory Penyimpanan
    Perlu ruang yang cukup untuk menyimpan file swab foto pada aplikasi ini. Sesekali bersihkan file foto pada File Manager - Folder Simaya


Permasalahan yang terjadi pada pengguna aplikasi Simaya/ Simega:
  1. Gagal Login Aplikasi Simaya atau Simega
    Pastikan username dan password benar dan tersedia koneksi internet yang lancar. Jika masalah masih terjadi silahkan hubungi Operator Kecamatan atau BKD Purworejo.
  2. Simaya/ Simega selalu minta update
    Abaikan saja! karena aplikasi yang sudah terinstal via playstore atau link di halaman ini sudah versi terbaru.
  3. Simaya/ Simega loading lama
    Pastikan koneksi internet stabil, bila perlu tutup semua aplikasi yang sedang berjalan sebelum membuka aplikasi presensi online ini.
  4. Simaya/ Simega lama mendeteksi titik koordinat
    Matikan GPS lalu hidupkan kembali. Jika masih belum terdeteksi silahkan tutup lalu buka kembali aplikasi Simaya atau Simega. Pastikan koneksi internet baik dan harap bersabar.
  5. Aplikasi Simaya/ Simega membuka sendiri saat menjalankan aplikasi lain
    Buka menu aplikasi berjalan dan tutup semua aplikasi. Biasanya menu sebelah kiri ber-icon garis 3. Seting aplikasi agar tidak berjalan di backgroud (high priority).
  6. Aplikasi Simaya/ Simega otomatis menutup saat dibuka
    Pada beberapa android yang memiliki spesifikasi lebih dari kebutuhan minimum aplikasi Simaya/ Simega tapi aplikasi tidak mau terbuka?
    Hapus aplikasi lalu download kembali Simaya/ Simega pada link di bawah artikel ini.
    Sementara belum ada solusi yang lebih ampuh.
Untuk dapat menggunakan aplikasi presensi online Simaya atau Simega teman-teman dapat mengunduh via Playstore di handphone atau melalui link di bawah ini:


Demikian yang dapat kami bagikan, mari berbagi pengalaman dan solusi terkait aplikasi Simaya dan Simega melalui form komentar di bawah artikel ini. Terima kasih

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon