22/09/22

Panduan Lomba MAPSI Cabang Ketrampilan Komputer Islami

Lomba Mapsi adalah perlombaan dalam bidang Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami. Lomba Mapsi merupakan salah satu upaya pengenalan serta sebagai media syiar Islam, dan sekaligus menjadi cara yang efektif untuk menjaring bakat-bakat siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami. Selain cabang lomba LCC, kaligrafi, khitobah, macapat, tahfidz, qiraah, adzan dan shalat, pada lomba mapsi juga terdapat lomba Komputer, yaitu lomba menulis Arab dengan komputer.

juknis lomba tiki mapsi jawa tengah

Pada cabang perlombaan ini siswa dituntut untuk menulis surah al-Fatihah lengkap dengan huruf latin dan terjemahnya. Siswa menuliskan surah al-Fatihah tanpa melihat teks Arab maupun terjemahnya, serta tanpa bantuan huruf hijaiyyah pada tuts keyboard. Selain menulis Arab pada Microsoft Word, siswa juga wajib membuat slide power point yang berisikan materi surah al-Fatihah, serta mampu mengcopy dan mencetak hasil pekerjaannya tersebut.

Bagi siswa tingkat sekolah dasar, cabang perlombaan ini tergolong sulit karena selain harus menghafal posisi huruf hijaiyyah, siswa juga diwajibkan hafal arti surah yang ditulis. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba dan berusaha.

Nah, bagi teman-teman Guru PAI yang hendak membimbing putra-putrinya dalam lomba TIKI ini, teman-teman dapat menggunakan contoh teks Arab, latin dan terjemah surah al-Fatihah yang kami dapat dari KKG PAI SD Prov. Jawa Tengah sebagai panduan.

Download Panduan Lomba Keterampilan Komputer Islami

Sedangkan cara untuk menulis Arab di komputer teman-teman bisa mencoba cara berikut ini, atau melalui panduan Youtube di bawah ini.

Cara Mengetik Arab di Komputer


Untuk jenis font yang bisa digunakan untuk mengetik Arab di komputer bisa teman-teman unduh pada link berikut:

Download Font Arabic

Demikian yang dapat kami bagikan, insyaAllah akan selalu kami update jika ada hal-hal baru berkaitan cabang lomba Mapsi cabang Keterampilan Komputer Islami ini.

Terima kasih, selamat belajar dan semoga sukses diperlombaan Mapsi tahun ini

wassalamu'alaikum w.w.

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon