01/03/23

Perbedaan Penilaian Formatif dan Sumatif pada Kurikulum Merdeka

Ada dua jenis penilaian (assesmen) yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka, yaitu sumatif dan formatif. Penilaian formatif merupakan penilaian yang dilakukan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi capaian tujuan pembelajaran. Penilaian formatif dapat dilakukan di awal maupun sepanjang proses pembelajaran.

Adapun penilaian sumatif yaitu penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian Tujuan Pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) peserta didik, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas atau kelulusan. Penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik dilakukan dengan membandingkan dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran.

perbedaan assesmen sumatif dan formatif

Berikut ini perbedaan antara penilaian formatif dan sumatif yang perlu kita pahami.

Waktu pelaksanaan

Penilaian formatif umumnya dilaksanakan saat proses pembelajaran suatu bab/kompetensi berlangsung. Bisa dilakukan di awal atau sepanjang proses pembelajaran. Sedangkan untuk penilaian sumatif dilakukan pada akhir pembelajaran.

Tujuan penilaian

Tujuan penilaian formatif yaitu untuk mengetahui perkembangan penguasaan peserta didik terhadap suatu bab/kompetensi yang sedang dipelajari. Sedangkan sumatif bertujuan untuk mengetahui pencapaian peserta didik pada pembelajaran suatu bab/kompetensi yang sudah berakhir.

Output

Output penilaian formatif digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran suatu bab/kompetensi yang sedang dipelajari agar tercapai penguasaan yang optimal. Sedangkan output penilaian sumatif adalah sebagai bukti mengenai apa yang dikuasai oleh peserta didik. 

Hasil penilaian

Hasil penilaian sumatif digunakan untuk menentukan nilai rapor keputusan kenaikan kelas, kelulusan, atau keputusan-keputusan penting lainnya. Sedangkan penilaian formatif hanya digunakan untuk memperbaiki pembelajaran yang sedang berlangsung. 

Nah itulah perbedaan mendasar antara penilaian formatif dan sumatif. Pada Kurikulum Merdeka, guru diharapkan untuk lebih banyak mengutamakan penilaian formatif, untuk mendapatkan umpan balik dan mengetahui perkembangan peserta didik. Namun demikian, penilaian sumatif juga tetap digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.

Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon